Bawaslu Sumut Mulai Perekrutan Panwas Pilkada di 14 Kabupaten/Kota

DSC08724ThePoliticaNews – Rabu, 10/12/2014, 19:09 WIB

Medan – Terhitung sejak hari ini (Rabu, 10/12) Badan Pengawas Pemilu Sumatera Utara mulai melakukan rekrutmen anggota Panitia Pengawas Pemilihan Kepala Daerah 2015 di 14 kabupaten/kota. Secara resmi pendaftaran kepada siapa saja yang berminat menjadi anggota sudah dibuka.

Guna membantu proses seleksi anggota Panwas, Bawaslu membentuk Panitia Seleksi yang terbagi dalam dua zona; masing-masing zona bertugas menseleksi calon anggota di tujuh kabupaten/kota.

Zona I terdiri atas Kota Medan, Binjai, Pematang Siantar, Kabupaten Serdang Bedagai, Simalungun, Samosir, dan Pakpak Bharat. Sedangkan zona kedua; Tapanuli Selatan, Toba Samosir, Labuhanbatu, Asahan, Sibolga, Humbang Hasundutan, dan Labuhanbatu Utara.

Untuk zona I pansel diketuai Ihsan Rambe dengan sekretaris Marthin Simangunsong. Anggotanya; Cut Dian Satriyani, Ediyanto, dan Agus Suryadi. Sementara zona II; Zulkarnain Nasution (ketua), Fauziah Dongoran (Sekretaris), Saurlin Siagian, Ibrahim Gultom, dan Hj. Katimin, masing-masing sebagai anggota.

Informasi yang diperoleh ThePoliticaNews.Com dari anggota pansel Saurlin Siagian, pertengahan Januari diperkirakan rekrutmen anggota Panwas rampung. Masing-masing sebanyak tiga orang Panwas akan bertugas di tiap kabupaten/kota.

“Kemungkinan Bawaslu melakukan fit and proper test terhadap enam nama yang dihasilkan pansel pada minggu pertama Januari 2015 sebelum dilantik pada minggu kedua,” kata Saurlin yang merupakan pegiat LSM dan staf pengajar di salah satu PTS di Medan.

Berdasarkan jadwal seleksi yang didapat di sekretariat pansel zona II I Jl. Airlangga Medan, disebutkan bahwa pendaftaran calon anggota berlangsung satu minggu (10-17/12). Selanjutnya selama dua hari (17-19/12) pansel akan mengecek kelengkapan administrasi para pendaftar. Pansel zona I berkantor di gedung Fakultas Hukum Universitas HKBP Nommensen.

Terhadap nama-nama yang dinyatakan lolos administrasi  diberi kesempatan bagi masyarakat untuk memberi tanggapan dalam dua hari; 20-22/12. Setelah itu barulah dilakukan test tertulis pada 23/12. Sehari kemudian, 24/12, para pendaftar yang lolos test tertulis diumumkan untuk mengikuti test wawancara pada 29-30/12.

Tugas pansel akan berakhir persis pada penghujung tahun yakni 31/12 atau bersamaan dengan diserahkannya enam kandidat terpilih untuk memasuki tahapan akhir seleksi yaitu uji kelayakan dan kepatutan.

*****