Diduga Rem Blong, Truk Tronton Sebabkan Kecelakaan Beruntun di Jl Asrama Medan

SAM_0180Mobil-mobil yang terlibat kecelakaan beruntun di Jl. Asrama, Medan, Selasa (6/1), mengalami rusak berat dan menghempang jalan serta menyebabkan terjadinya kemacetan.

ThePoliticaNews – Selasa, 6/1/2015, 19:34 WIB

Medan – Sebanyak empat unit mobil terlibat kecelakaan beruntun di Jl. Asrama Medan (Selasa, 6/1). Persisnya lokasi kecelakaan berjarak sekitar 100m dari kantor CNI ke arah Pulo Brayan. Terjadi kira-kira pukul 17.15 Wib.

Akibat kecelakaan beruntun tersebut, sejumlah mobil berjenis SUV dari merek berbeda mengalami ringsek. Berada di urutan terdepan adalah Terios berwarna silver dengan nomor kenderaan B 1615 UOF. Bemper depan berikut kap mesinnya rusak berat akibat menubruk bagian belakang truk tangki yang berada persis di hadapannya.

Di belakang Terios adalah Xenia coklat BH 1584 GJ. Mulai dari bodi bagian depan, belakang hingga sisi kanannya penyok akibat terhimpit. Kaca-kacanya berhamburan ke bagian luar dan dalam mobil. Minyak rem berwarna merah mengucur dari bagian mesin membasahi badan jalan.

Kemudian di belakangnya adalah Ford berwarna hitam dengan nomor kenderaan BK 168 KJ. Sebagaimana Terios yang berada di depannya, kenderaan yang dikemudikan perempuan berpakaian necis ini rusak berat. Hampir sekeliling bodinya penyok, kaca-kacanya berserakan.

Di urutan paling belakang yang ikut rusak parah adalah Terios berwarna ungu dengan nomor kenderaan BK 1016 KQ. Bersama Ford yang ada di depannya, keduanya terdesak ke pembatas jalan yang mengakibatkan sisi kanan bodi mobilnya penyok.

“Untung saja anak saya tidak duduk di kursi belakang, bang, padahal biasanya dia suka duduk di situ,” kata Ali Butar-butar yang mengemudikan Xenia menjawab ThePoliticaNews.Com.

Bermaksud menuju Belawan mengantarkan kerabatnya, Ali bernasib sial karena mobilnya hancur.

Selain keempat mobil yang mengalami kecelakaan beruntun tersebut, masih terdapat satu kenderaan lainnya dari jenis CR-V dengan nomor polisi BK 1137 DR yang ikut mengalami kerusakan pada bodi bagian kirinya. Mobil ini berada di bagian paling belakang dari mobil-mobil yang bertabrakan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun ThePoliticaNews.Com di lokasi kejadian, disebutkan penyebab terjadinya kecelakaan beruntun adalah truk tronton berbadan panjang bernomor polisi BL 9051 AA.

Tanpa diketahui apa penyebabnya, dalam keadaan jalanan yang macet truk tersebut menyenggol Honda CR-V yang menyebabkan sisi kirinya penyok mulai dari bagian belakang. Honda CR-V yang dikemudikan ibu muda berblus terusan hijau ini berada dekat dengan pemisah jalan yang berada di bagian tengah.

Bukannya berhenti, truk terus meluncur dan menyeruduk Terios ungu. Selanjutnya terios menghantam Ford di depannya. Ford tak bisa menghindar dan menyeruduk Xenia. Berikutnya, Xenia menghantam Terios silver.

“Mungkin remnya blong makanya dia jalan terus. Saya masih sempat melihat ke balakang dan mendengar mobil yang saling menabrak sebelum mobil saya ikut tertabrak. Heran, kok dalam keadaan berhenti kok bisa terjadi tabrakan,” ujar Ali.

Akibat kecelakaan beruntun ini sempat terjadi kemacetan panjang. Polisi lalu lintas yang kemudian hadir di lokasi kecelakaan segera memindahkan kenderaan-kenderaan yang ringsek ke sisi kiri jalan demi mengurai kemacetan. Belum diperoleh penyebab pasti truk menabrak mobil hingga menyebabkan kecelakaan beruntun.

*****