Terdakwa Anggota DPRD Sumut Eveready Sitorus Sampaikan Pledoi di Sidang Hari ini

SAM_0262Anggota DPRD Sumatera Utara Eveready Sitorus yang didakwa melakukan penggelapan tengah mengikuti persidangan di Pengadilan Megeri Medan. Hari ini (Senin, 2/2) pembelaannya akan disampaikan kepada majelis hakim.

ThePoliticaNews – Senin, 2/2/2015, 09:58 WIB

Medan – Terhadap tuntutan jaksa berupa hukuman penjara dua tahun atas tuduhan melakukan penipuan dan penggelapan kepada anggota Komisi A DPRD Sumatera Utara Eveready Sitorus, di sidang hari ini (Senin, 2/2) di Pengadilan Negeri Medan  majelis hakim memberi kesempatan padanya membacakan pembelaan atau pledoi.

Pekan lalu saat pembacaan tuntutan, jaksa Kejari Medan Maria Tarigan menuntut Eveready dihukum penjara dua tahun. Tuntutan tidak didahului penyampaian pertimbangan-pertimbangan yang membuat Eveready layak dihukum dua tahun. Sidang berlangsung singkat, kurang dari lima menit.

Didakwanya Eveready terkait pengaduan bekas bos tempatnya bekerja di perusahaan perkebunan PT Sri Timur yakni Paul Baja Marulut Siahaan. Dia dituduh menggelapkan duit sebesar Rp 200 juta yang seharusnya diperuntukkan bagi ganti rugi tanah di Desa Sei Tualang, Kecamatan Brandan Barat, Langkat, tahun 2011.

Sebagai penasihat hukum, Eveready sempat memberikan kuasa kepada pengacara dari kantor Sentra Keadilam yakni Gindo Nadapdap. Akan tetapi kemudian dibatalkan sehingga pada sidang berikutnya Eveready tampil tanpa pembela.

“Jaksa yang minta agar kami tidak memakai pengacara, katanya agar sidang tidak bertele-tele dan hukuman bisa dibuat seringan mungkin,” kata istri Eveready, Helmi Pangaribuan, menjelaskan kepada ThePoliticaNews.Com beberapa waktu lalu.

Belum diketahui apakah hari ini juga majelis hakim akan membacakan vonis terhadap Eveready yang sejak September tahun lalu dijebloskan ke tahanan.

Ketika kabar ini ditayangkan, Eveready telah berada di ruang tunggu PN Medan guna mengikuti persidangan. Dari rumah tahanan Tanjung Gusta dia digiring seorang diri, tidak bersamaan dengan tahanan lain yang biasanya dibawa secara bersama-sama untuk mengikuti persidangan.

*****