Gubsu Diusulkan Diinterpelasi, Wakil Ketua DPRD Sumut Zulkifli Efendi Siregar Diminta agar Ditangkap

DSC00175Ketua DPW Partai Hanura Sumatera Utara sekaligus Wakil Ketua DPRD Sumut Zulkifli Efendi Siregar

ThePoliticaNews – Kamis, 12/3/2015, 18:53 WIB

Medan – Di tengah wacana interpelasi terhadap Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho yang kian deras bertiup, Wakil Ketua DPRD Sumut Zulkifli Efendi Siregar diminta agar segera ditangkap. Penyebabnya adalah kasus korupsi dana Alkes yang kemudian membuat dirinya ditetapkan sebagai tersangka.

Oleh puluhan mahasiswa yang tergabung di Aliansi Mahasiswa Anti Korupsi Sumatera Utara (Alam Aksi Sumut) yang berdemonstrasi ke gedung DPRD Sumut siang tadi (Kamis, 12/3), tuntutan penangkapan terhadap Zulkifli Efendi Siregar yang juga Ketua DPW Hanura Partai Sumut didesakkan.

Dalam orasinya mahasiswa mempertanyakan komitmen Hanura dalam memberantas korupsi. Sebab Zulkifli yang sudah sejak tahun lalu ditetapkan sebagai tersangka oleh kejaksaan tetapi masih tetap lenggang kangkung. Alih-alih ditangkap dan ditahan, posisinya sebagai Ketua Hanura tetap bertahan. Apalagi saat ini dia menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Sumut.

“Sangat disayangkan dan sangat memprihatinkan di hati kami, Zulkifli yang sudah berstatus tersangka masih saja berkeliaran,” kata Koordinator Aksi Alam Aksa, Afwan Batubara.

Sebagaimana disebutkan di dalam statement Alam Aksi, Zulkifli terlibat dalam tindak korupsi Alkes saat duduk sebagai anggota Badan Anggaran atau Banggar DPRD Sumut periode 2009-2014. Korupsi dana Alkes berlangsung di enam kabupaten/kota di Sumut. Salah satunya adalah di Toba Samosir. Hasil penyidikan kejaksaan menyataka negara dirugikan Rp 4,9M lebih.

“Kami tidak mau ada tebang pilih dalam pemberantasan korupsi di Sumut. Jangan sampai kasus ini dipeti-eskan. Ada apa kok Zulkifli yang sudah berstatus tersangka masih bebas berkeliaran. Seharusnya dia ditangkap,” kata peserta demostrasi lainnya yakni Alex Ginting.

Anggota DPRD Sumut dari Fraksi PKB Zayra Salim Ritonga yang menerima demonstrasi Alam Aksi menyebutkan setuju dengan teriakan mahasiswa yang meminta agar pemberantasan kosupsi tidak tebang pilih. Sama halnya dengan dugaan korupsi oleh Gubsu yang menyebabkan kas Pemprovsu yang saat ini nol.

Ditanya apakah dia mengetahui Zulkifli yang berstatus tersangka, Zayra mengatakan tahu dari pemberitaan media.

“Saya kan di Komisi B, yang mengurusi kasus-kasus terkait kejaksaan adalah Komisi A,” jawabnya saat ditanya kenapa kok Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara tidak menuntaskan kasus korupsi Zulkifli.

Zayra menyatakan secepatnya akan menyampaikan tuntutan mahasiswa tentang penuntasan pengusutan kasus korupsi Zulkifli ke Ketua DPRD Sumut.

Zulkifli merupakan salah satu pimpinan DPRD Sumut yang getol mendorong agar hak interpelasi anggota dewan dipergunakan demi meminta penjelasan Gatot terhadap kas Pemprovsu yang saat ini nilainya nol rupiah alias nihil.

*****