GEOBIKE Caldera Toba 2015, 200-an Pehobi Sepeda Ambil Bagian

DSC_0767Panitia Geobike Caldera Toba 2015 tengah menjelaskan even yang akan digelar pada 10-12 April 2015 kepada wartawan pada Konferensi Pers, Selasa (7/5).

ThePoliticaNews – Selasa, 7/4/2015, 20:13 WIB

Medan – Tiga hari (H-3) menjelang kick off even sepeda gembira Geobike Caldera Toba 2015, tercatat dua ratusan pegiat sepeda akan turut serta. Tak hanya dari kota Medan, para peserta juga berasal dari Batam dan Jakarta. Diantaranya adalah dari klub Medan Cycling Club dan Global Bike Shop.

Kepada wartawan pada konferensi pers (Selasa, 7/5) yang turut dihadiri ThePoliticaNews.Com di sekretariat Jendela Toba dan Rumah Karya Indonesia di Jl. Sisingamangaraja, Medan, Ketua Penyelenggara Irwansyah Harahap menjelaskan.

Kata Irwansyah yang didampingi Mangaliat Simarmata (Jendela Toba) dan Ojax Manalu (Rumah Karya Indonesia), sesungguhnya tak hanya dari Indonesia panitia mendapat respon positif atas penyelenggaraan funbike yang dikaitkan dengan sosialisasi Geopark Caldera Toba tersebut. Dari Singapura dan negara lainnya ada yang menyatakan ingin ikut serta.

“Karena ini adalah even perdana, kami batasi peserta cukup 200,” kata Irwansyah yang merupakan pegiat kebudayaan dan kesenian Sumatera Utara.

Disebutkan, selain Pemprov Sumatera Utara, tujuh kabupaten lainnya yang berada di kawasan Danau Toba mendukung penuh pelaksanaan Geobike. Ketujuhnya adalah Samosir, Simalungun, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Toba Samosir, Karo, dan Dairi. Selain Dairi dan Karo, kabupaten lainnya akan menjadi bagian dari rute yang akan dilalui.

Gubsu Gatot Pujo Nugroho dipastikan akan membuka secara resmi pelaksanaan Geobike yang akan berlangsung pada 10-12 April tersebut. Pembukaan berlangsung di Bandar Udara Silangit (Siborong-borong, Taput) yang juga merupakan titik start.

Secara keseluruhan rute yang akan dilalui hingga finish di Ajibata (Simalungun) mencapai 110km. Dari Silangit, peserta akan memacu sepedanya menuju Muara (Humbang Hasundutan). Selanjutnya ke Bakkara dan Tipang (Toba Samosir). Dengan menggunakan kapal motor peserta akan diantarkan ke Pangururan (Samosir).

Setelah bermalam di Samosir, tidak jauh dari kawasan wisata Aek Rangat, para pegiat sepeda kembali menggowes untuk kemudian diseberangkan dengan kapal motor menuju Ajibata.

“Di setiap rute peserta akan disuguhi pertunjukan kebudayaan, kesenian serta sajian kuliner yang selama ini mungkin belum dikenal. Misalnya di Bakkara akan ada festival Ulos,” kata Irwansyah.

Geobike Kaldera Toba disandingkan dengan perayaan HUT ke-67 Provinsi Sumatera Utara. Selain Gubsu, para kepala dinas atau satuan kerja perangkat dinas (SKPD), para bupati juga akan terlibat.

*****