Hampir Pasti Takkan Ada Calon Independen di Pilkada Kota Medan

DSC01470Komisioner Komisi Pemilihan Umum Kota Medan Pandapotan Tamba

ThePoliticaNews – Minggu, 14/6/2015, 20:58 WIB

Medan – Hingga H-1 atau satu hari menjelang berakhirnya pendaftaran sekaligus pengajuan dukungan bakal calon perseorangan atau independen (Minggu, 14/6) yang ikut bertarung dalam perhelatan di pemilihan Walikota Medan 9 Desember mendatang, belum satu orangpun yang datang ke kantor Komisi Pemilihan Umum kota Medan.

Dengan demikian hampir pasti bahwa Pilwalkot tidak akan diramaikan oleh calon di luar partai politik.

Perkiraan tersebut sebelumnya sudah disampaikan Komisioner KPU Medan Pandapotan Tamba dalam diskusi yang diselenggarakan portal berita www.medanbagus.com di café di Jl. Setia Budi, Medan, (Sabtu,13/6).

Disebutkan Tamba, terhitung sejak 11 Juni lalu KPU membuka kesempatan bagi balon perseorangan mendaftarkan diri. Pendaftaran dibuka hingga Senin (15/6) pukul 16.00 Wib.

“Biasanya seperti Pilkada sebelumnya, jika ada balon independen yang akan mendaftar sudah ada orang yang wira wiri datang ke KPU yang bertanya tentang berbagai hal. Tapi kali ini tidak satupun. Dengan dua hari waktu yang tersisa hampir pasti tidak akan ada calon independen yang akan ikut serta di Pilkada Medan,” kata Tamba.

Kemungkinan tidak adanya calon independen, kata Tamba, diduga karena persyaratan yang mengharuskan setiap balon mengantongi dukungan dari setidaknya 160.367 warga. Dukungan tersebut ditandai dengan penyerahan fotokopi kartu tanda penduduk. Jumlah tersebut setara dengan 6,5% jumlah penduduk Medan.

“Saya mendengar dari sejumlah orang yang berminat maju dari jalur independen syarat dukungan tersebut terlalu berat,” katanya.

Pengamat politik dari Pusat Studi Politik dan Kebijakan Lokal Fisipol USU Faisal Andri Mahrawa menyebutkan syarat dukungan bagi balon perseorangan tersebut terasa berat karena tidak dikumpulkan sejak lama.

“Bagaimana tidak terasa berat kalau mengerjakannya baru menjelang waktu pendaftaran,” kata Faisal.

*****