“Surat untuk Ustad dan Pastor” Rebut Juara Festival Film Pelajar JBAF 2015

Festival FilmPegiat kesenian dari Rumah Karya Indonesia sekaligus penyelenggara “Jong Bataks Arts Festival 2015” Jhon Fawer Siahaan (kiri) menyerahkan hadiah kepada pemenang Festival Film Pelajar tingkat Sumatera Utara 2015 di arena JBAF, Kamis (29/10).

ThePoliticaNews – Jumat, 30/10/2015, 17:29 WIB

Medan – Setelah melalui proses berbulan-bulan akhirnya penyelenggara Festival Film Pelajar tingkat Sumatera Utara 2015 yang tak lain adalah Rumah Karya Indonesia mengumumkan pemenangnya.

Melalui rilis kepada media termasuk kepada ThePoliticaNews.Com yang disampaikan kemarin (29/10), ditetapkan bahwa peraih juara pertama adalah film berjudul “Surat untuk Uztad dan Pastor”. Film tersebut merupakan karya pelajar SMAN 1 Pantai Cermin (Kab. Serdang Bedagai).

Berturut-turut sebagai juara II dan III adalah film “Bhinneka” yang merupakan besutan pelajar SMAN 1 Tebing Tinggi dan “Barus” karya pelajar SMAN 1 Andamdewi (Tapanuli Tengah). Sedangkan juara harapan 1 dan 2 masing-masing diraih SMA Methodist Binjai dan SMA dari Berastagi (Karo).

Adapun pengumuman pemenang sekaligus penyerahan tropi juara dan hadiah uang dilaksanakan hari ketiga pelaksanaan Jong Bataks Arts Festival 2015 di Taman Budaya Sumatera Utara.

Menurut penyelenggara rangkaian proses seleksi festival film berlangsung sejak beberapa bulan lalu. Diawali dengan diadakannya kegiatan kelas film budaya oleh RKI di sejumlah kota seperti Pematang Siantar, Parapat, Tapanuli Utara, Sibolga, Barus, Sidikalang dan Berastagi.

Dari situ kemudian diselenggarakan FFP dimana sekolah-sekolah tingkat SLTA di Sumut diundang mengirimkan karyanya berupa ide cerita otisinil untuk diperlombakan. Tercatat sebanyak 84 karya yang diterima panitia yang berasal dari 13 kabupaten/kota. Dari jumlah tersebut kemudian terpilih sepuluh karya terbaik.

Karya-karya terbaik tersebut kemudian diikutkan dalam sesi Master Class yang tak lain merupakan proses pembuatan film.

RKI menggandeng Yakoma PGI dan lembaga Aliansi Sumut Bersatu menggelar FFP. Direncanakan hajatan serupa akan dijadikan agenda tahunan.

*****