Start 2 Januari di Buenos Aires, Keduakalinya TVS Ikut Uji Ketangguhan di Rally Dakar

TVS - DakarThePoliticaNews – Rabu, 30/12/2015, 18:17 WIB

Medan – Setelah untuk pertama kalinya tahun 2015 pabrikan sepeda motor dengan merek TVS ikut bertarung dalam perebutan gelar terhebat pada Rally Dakar, tahun depan (2016, yang akan jatuh dua hari lagi) kembali perusahaan yang berasal dari India ini turut serta. TVS turun dengan nama Sherco TVS Rally Team.

Sebagaimana dikenal, Rally Dakar merupakan salah satu ajang balap paling berat di dunia. Pada 2016 start akan dilangsungkan tanggal 2 januari di Buenos Aires yang berada di Argentina. Berlangsung selama 14 hari (hingga 16 Januari), balapan berakhir di Villa Carlos Paz, Rosario.

Keikutsertaan TVS bakal diwakili tiga pebalap berkelas internasional, yakni: Alain Duclos dan Florent Vayssade dari Perancis serta Joan Pedrero dari Spanyol. Demikian keterangan pers tertulis TVS Motor Company Indonesia yang disampaikan ke media (29/12) yang turut diterima ThePoliticaNews.Com.

Disebutkan Rally Dakar yang akan memasuki tahun ke-38 total menempuh jarak 9.319km, diantaranya melalui Argentina dan Bolivia. Keseluruhannya terdiri atas 14 tahapan dimana pada setiap tahapan tingkat kesulitan yang dilalui akan semakin bertambah. Sepanjang 4.701km tahapan merupakan Special Stage dengan kategori rute tersulit.

Oleh sebab itu rally ini adalah balapan yang melambangkan ketahanan tertinggi, setiap peserta menghadapi ketegangan tingkat teratas karena akan penuh dengan aksi. Rally Dakar sekaligus menjadi tantangan yang sangat besar bagi daya tahan, kekuatan, kwalitas dan kinerja sepeda motor dalam kondisi ekstrim.

Sebelumnya jenis motor TVS yang pernah terjun menjajal ganasnya Rally Dakar adalah Seri Apache RTR yang tak lain adalah produk andalan yang sangat dikenal di kalangan pembalap.

“Rally Dakar menyediakan platform ideal bagi kami untuk mengembangkan teknologi baru yang dapat disesuaikan bagi TVS seri Apache RTR di masa depan. Daya tahan dan kinerja pada kondisi terparah sebagai atribut yang diperoleh dari keikutsertaan di Dakar, keduanya merupakan fitur kundi yang dimasukkan ke dalam pengembangan produk di masa depan,” kata Kepala Pemasaran Sepeda Motor TVS Motor Company Indonesia, Arun Siddarth.

Di Rally Dakar 2016 TVS akan menurunkan jenis RTR 450 Racing. Produk teranyar ini merupakan hasil akumulasi pengalaman para teknisi dalam keikutsertaan di beberapa ajang rally kelas dunia. Diperkuat pengembangan yang dilakukan oleh para insinyur terkemuka. Mereka membantu peningkatan performa mesin dan kehandalan dari sisi ergonomis serta chasis yang lebih ringan akan tetapi lebih kuat.

“Dari sisi teknis, partisipasi di Rally Dakar merupakan tantangan tertinggi bagi sebuah sepeda motor. Tidak ada yang lebih tangguh dari balapan yang berlangsung di tempat yang sangat ekstrim ini. Pengalaman disini sangat membantu kami mengembangkan sepeda motor di masa depan,” kata Ketua Tim TVS Racing, Arvind Pangaonkar.

Satu persatu track record pebalap TVS yang akan tampil pada Rally Dakar 2016 adalah:

Joan Pedrero (36), pebalap dengan nomor 17, berpengalaman tujuh kali sebagai peserta. Di seluruh penampilannya selalu berada dalam posisi 10  besar dimana dua diantaranya di posisi ke-5 (2011 dan 2013).

Alain Duclos, pebalap nomor 20, tahun ini tampil untuk ke-14 kali. Pernah menduduki peringkat 6 pada 2010 dan peringkat 7 tahun 2006. Bergabung dengan Sherco TVS Rally Team sejak 2013.

Florent Vayssado, pebalap nomor 60, pernah dua kali tampil di Rally Dakar.

*****